Kontekstualisasi Metode Penyampaian Pesan Injil Di Era Digital

Authors

  • Evangel Glady Symphoni Ha’aretz Mahasiswa Prodi S2 Teologi Sekolah Tinggi Teologi Berita Hidup
  • Ayub Sugiharto Sekolah Tinggi Teologi Berita Hidup, Karanganyar

DOI:

https://doi.org/10.38189/jtk.v4i1.867

Keywords:

Kontekstualisasi, Metode, Pemberitaan Injil, Era Digital

Abstract

The purpose of this study is to find a contextual method that can be used in preaching the gospel in the digital era, considering that the existence of information technology has influenced changes in the lives of Indonesian people in communication, business, economy and also in terms of evangelism services. Information and communication technology can be used by Christians to teach the Bible and preach the gospel. Digital culture has entered everyday life, and social media, websites, applications, podcasts, and streaming technology are becoming increasingly important in the spread of religious teachings. Time passes and methods change. The individual characteristics of digital culture pose more and more challenges. Affection decreases and narcissism increases. Therefore, a new approach is needed in communication and interaction. The main mission of the church, evangelism, is also influenced by digital culture. Using descriptive qualitative methods, this study found that digital media allows the spread of the gospel to be delivered quickly and widely through websites, social media, and mobile applications in the form of general or personal messages.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan metode kontekstual yang dapat digunakan dalam pemberitaan Injil di era digital, mengingat keberadaan teknologi informasi telah mempengaruhi perubahan kehidupan masyarakat Indonesia dalam komunikasi, bisnis, ekonomi dan juga dalam hal pelayanan penginjilan. Teknologi informasi dan komunikasi dapat digunakan oleh umat Kristiani untuk mengajarkan Alkitab dan memberitakan Injil. Budaya digital telah memasuki kehidupan sehari-hari, dan media sosial, situs web, aplikasi, podcast, dan teknologi streaming menjadi semakin penting dalam penyebaran ajaran agama. Waktu berlalu dan metode berubah. Karakteristik individu dari budaya digital menimbulkan semakin banyak tantangan. Kasih sayang berkurang dan narsisme meningkat. Oleh karena itu  diperlukan pendekatan baru dalam komunikasi dan interaksi. Misi utama gereja, penginjilan, juga dipengaruhi oleh budaya digital. Dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif, penelitian ini menemukan bahwa media digital memungkinkan penyebaran Injil disampaikan  dengan cepat dan luas melalui situs web, media sosial, dan aplikasi seluler yang berupa pesan umum maupun pribadi.

References

Adams, Nate. Empowering the Church to Be on Mission. Nashville: Lifeway Press, 2005.

Andi, Yohanes, Oktavina Tola, Yabes Doma, and I Ketut Gede Suparta. “Strategi Misi Lintas Budaya Berdasarkan 1 Korintus 9:19-23.†Jurnal Teologi Kontekstual Indonesia 1, no. 1 (June 2020): 57.

Arief, Syifa Fauziyah, and Yuni Sugiarti. “Literature Review: Analisis Metode Perancangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web.†Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer Fakultas Ilmu Komputer Universitas Al Asyariah Mandar 8 (2022).

Bahri, S. “No Title.†Jurnal Ilmiah Islam Futura II (2017).

Catherine, Soanes, and Stevenson Angus. Concise Oxford English Dictionary. Oxford: Oxford University Press, 2004.

Chan, Arianis, and Sam’un Jaja Raharja. “EKSPLORASI PENELITIAN DIGITAL MARKETING PADA KOPERASI: SUATU STUDI PEMETAAN SISTEMATIS.†AdBispreneur: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi Bisnis Dan Kewirausahaan 7 (2023).

Dessindi, Kristhalia. “Media Digital Sebagai Agora Baru Pewartaan Gereja Dalam Semangat Know, Share, Meet, Express Youcat.†CREDENDUM: Jurnal Pendidikan Agama 2 (2020).

Elmore, Tim. Artificial Maturity. San Francisco: Jossey-Bass, 2012.

Helland, Christopher. “Online Religion as Lived Religion. Methodological Issues in the Study of Religious Participation on the Internet.†Online-Heidelberg Journal of Religions on the Internet (2005).

Hia, Yeremia, and Elfin Warnius Waruwu. “DAMPAK TEKNOLOGI DIGITAL TERHADAP PEWARTAAN INJIL DALAM KONTEKS MENGGEREJA.†Phronesis: Jurnal Teologi dan Misi 6, no. 2 (December 22, 2023): 178–192. https://jurnal.sttsetia.ac.id/index.php/phr/article/view/395.

Iryani, Juniarti, and Nurwahid Syam. “Peran Media Sosial Dalam Menyebarkan Pesan Agama Dan Perubahan Sosial.†PUSAKA 11 (2023).

Lesmana, Gusti Ngurah Aditya. “Tesis: Analisis Pengaruh Media Sosial Twitter Terhadap Pembentukan Brand Attachment (Studi: PT. XL AXIATA).†Program Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia (2010).

Margareta, Margareta, and Romi Lie. “Pelayanan Misi Kontekstual Di Era Masyarakat Digital.†Jurnal Ilmu Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 4, no. 1 (June 2, 2023): 44. https://ojs.sttjaffray.ac.id/jitpk/article/view/842.

Meadows, Philip R. “Mission and Discipleship in a Digital Culture.†Mission Studies (2012).

Putra, Yanuar Surya. “Theoritical Review : Teori Perbedaan Generasi.†Among Makarti 9, no. 18 (2016): 124–134.

Satori, A. K. Djam’an. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2011.

Setyarini, Dewi, and Aji Suseno. “Aktualisasi Dan Paradigma Misi Gembala Sidang Terhadap Digital Misi.†Matheteuo: Religious Studies 2 (2022).

Show, R. Daniel. Introductions to Research Design. Pasedana: Fuller Theological Seminary, 2000.

Sinaga, Janes. “Implementasi Amanat Agung Dalam Penginjilan Dan Pemuridan Terhadap Pertumbuhan Gereja Berdasarkan Matius 28:18-20.†Tumou Tou 10, no. 1 (2023): 57–68.

Situmorang, Jonar. Strategi Misi Paulus. Yogyakarta: Andi Offset, 2020.

Sugiharto, Ayub. “Keselamatan Eksklusif Dalam Yesus Di Tengah Kemajemukan Beragama.†Angelion: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 1, no. 2 (December 31, 2020): 98–112. https://e-journal.iaidalwa.ac.id/index.php/jan/article/view/66.

Sugiharto, Ayub, and Vebi Wijayanti Anshori. “PENGGUNAAN ARTIFICIAL INTELLIGENCEDALAM MEMPERSIAPKAN KHOTBAH YANG EFEKTIF.†Alucio Dei 8, no. 2 (2024): 38–48.

Sugiharto, Ayub, and Yulianus Pekei. “Peran Roh Kudus Dalam Penginjilan Kontekstual.†Teokristi:Jurnal Teologi Kontekstual dan Pelayanan Kristiani 3, no. 2 (2023): 110–121.

Sugiono, Panjhi. “Pendekatan Penginjilan Kontekstual Paulus Berdasarkan Kisah Para Rasul 17:16-34.†Jurnal Ilmu Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 1, no. 2 (2020): 87.

Tana, Anwar Jenris, and Milton T. Pardosi. “Efektivitas Penginjilan Digital Sebagai Media Dan Tantangan Dalam Pemuridan Generasi Muda.†Jurnal Ilmiah Teologi dan Pendidikan Kristen 2 (2024).

Tanhidy, Jamin. “Teologi Misi Bagi Gerakan Misi Dan Komunikasi Kristen Pasca Pandemi Covid-19.†Jurnal Teologi Kontekstual Indonesia 2 (2021).

Telaumbanua, Arozatulo. “E-Misi: Aplikasi Penginjilan Berbasis Teknologi.†in Prodising 0 (2020).

Tomatala, Yakob. Teologi Misi. Jakarta: YT Leadership Foundation, 2005.

Uling, Manintiro, Yatmini, and Leniwan Darmawati Gea. “Pendekatan Kotekstualisasi Misi Bagi Kaum Milenial.†Makarios: Jurnal Teologi Kontekstual 1 (2022).

Widjaja, Fransiskus Irwan, and Noh Ibrahim Boiliu. Misi Dan Pluralitas Keyakinan Di Indonesia. Yogyakarta: ANDI, 2019.

Yeheskiel Obehetan. “Penginjilan Dan Kontekstualisasi.†•Osf.Io (2023): 4.

“Model Penginjilan Dalam Yohanes ‘Strategi Misi Model Kontekstualisasi.’†Buletin Mitra (2018).

Downloads

Published

2024-05-30

How to Cite

Ha’aretz, E. G. S., & Sugiharto, A. (2024). Kontekstualisasi Metode Penyampaian Pesan Injil Di Era Digital. Teokristi: Jurnal Teologi Kontekstual Dan Pelayanan Kristiani, 4(1), 17–31. https://doi.org/10.38189/jtk.v4i1.867

Issue

Section

Articles