Integrasi TQM dalam Kepemimpinan di Lingkup Perguruan Tinggi Teologi Kristen di Salatiga
DOI:
https://doi.org/10.38189/jtbh.v6i2.642Keywords:
Integrasi, Pemimpin, TQM, MutuAbstract
This article presents the integration of Total Quality Management (TQM) in leadership within the Christian Theological College in Salatiga. Christian Theological Colleges have a unique responsibility in developing not only academic aspects, but also student spirituality. The integration of TQM in leadership in this environment leads to holistic efforts to improve the quality of education. Through a qualitative approach with descriptive methods accompanied by descriptive analysis to obtain an integrative concept of leadership and TQM within the scope of the Christian Theological College in Salatiga. The research results showed that to integrate TQM and Leadership, a change in the quality paradigm of the leadership team is needed, an obsession with quality and building clear and open communication in order to produce a solid team. The integration of TQM in the leadership of Christian theological colleges will provide a solid foundation for achieving higher quality education while integrating spiritual and moral values in the educational process
Tulisan ini menyajikan perihal integrasi Total Quality Management (TQM) dalam kepemimpinan di lingkup Perguruan Tinggi Teologi Kristen di Salatiga. Perguruan Tinggi Teologi Kristen memiliki tanggung jawab yang unik dalam mengembangkan tidak hanya aspek akademis, tetapi juga spiritualitas mahasiswa. Integrasi TQM dalam kepemimpinan di lingkungan ini mengarah pada upaya peningkatan mutu pendidikan yang holistik. Melalui pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif disertai dengan analisis deskriptif untuk mendapatkan konsep integratif kepemimpinan dan TQM dalam lingkup Perguruan Tinggi Teologi Kristen di Salatiga. Hasil penelitian didapatkan bahwa untuk mengintegrasikan TQM dan Kepemimpinan diperlukan perubahan paradigma mutu dari tim pemimpin, obsesi pada mutu dan membangun komunikasi yang jelas serta terbuka dalam rangka menghasilkan tim yang solid. Integrasi TQM dalam kepemimpinan perguruan tinggi teologi Kristen akan memberikan landasan yang kokoh untuk mencapai kualitas pendidikan yang lebih tinggi sekaligus mengintegrasikan nilai-nilai spiritual dan moral dalam proses pendidikan.
Â
References
Angin, Yakub Hendrawan Perangin, and Tri Astuti Yeniretnowati. “Penyelenggaraan Manajemen Sekolah Dan Pendidikan Perguruan Tinggi Kristen Berbasis Standar Iso 21001.†Discreet: Journal Didache of Christian Education 2, no. 1 (June 22, 2022): 41–62. https://doi.org/10.52960/jd.v2i1.111.
Atika Yondria Fatmi, Rusdinal, and Hade Afriansyah. “Implementasi Manajemen Mutu Terpadu Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di Perguruan Tinggi.†Universitas Negeri Padang, n.d.
Bennie E. Goodwin. Kepemimpinan Yang Efektif. Jakarta: Perkantas, 2005.
FGD Pimpinan dan Dosen. FGD Dengan Pimpinan dan Dosen STT se-Salatiga dan sekitarnya., November 21, 2023.
Fibry Jati Nugroho, Dwi Novita Sari. Metode Penelitian Untuk Mahasiswa Teologi. Palu: Feniks Media, 2021.
Gareth R Jones and Jennifer M. George. Contemporary Management. New York: McGraw-Hill Education, 2016.
Hani Samimi Sabet, Zeinab Seyed Saleki, Benoush Roumi, and Amin Dezfoulian. “A Study on Total Quality Management in Higher Education Industry in Malaysia.†International Journal Of Business and Social Science 3, no. 17 (2012): 208–15.
Kigozi, Edward, and James Ko Yuen On. “Total Quality Management (TQM) Practices Applied in Education Institutions: A Systematic Review of Literature.†International Journal of Innovative Business Strategies 5, no. 2 (December 30, 2019): 341–52. https://doi.org/10.20533/ijibs.2046.3626.2019.0045.
Lexy Moleong. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya, 2002.
Lian, B. “Tanggung Jawab Tridharma Perguruan Tinggi Menjawab Kebutuhan Masyarakat.†In Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 100–106. Palembang: Universitas PGRI, 2019.
Nugroho, Fibry Jati, Steaven Octavianus, Yusup Rogo Yuono, and Dwi Novita Sari. “Religious Service Paradigm in Managing Theological Seminary.†Sinergi : Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen 9, no. 2 (September 13, 2019). https://doi.org/10.25139/sng.v9i2.1438.
Paul Harsey and Ken Blanchard. Manajemen Perilaku Organisasi: Pendayagunaan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga, n.d.
Philip Hallinger and Edwin M. Bridges. A Problem-Based Approach. Netherlands: Springer Netherlands, 2017.
Sidjabat, Binsen Samuel. “Kerangka Kurikulum Pendidikan Agama Kristen Berbasis Karakter Di Perguruan Tinggi Character-Based Christian Religious Education Curriculum Framework in Higher Education.†Jurnal Jaffray 17, no. 1 (2019): 73–90. https://doi.org/10.25278/jj.v17i1.314.
Soegito, A.T. Manajemen Strategik. Semarang: UPGRIS Press, 2015.
Sujana, I. C. “Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia.†Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar 4, no. 1 (n.d.): 29–39.
Tantri Yulia and Yoel Franspebri P. “Studi Deskriptif Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Tqm (Total Quality Management) Era Pandemi Ta 2020/2021 Di STT Kristus Alfa Omega.†Sabda : Jurnal Teologi Kristen 2, no. 2 (November 2021).
Tjiptono, F. Service Management. Yogyakarta: ANDI, 2017.
Tony Bush and Marianne Coleman. Manajemen Mutu Kepemimpinan Pendidikan. Yogyakarta: IRCISOD, 2017.
Usman, A. Samad. “MENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH.†Jurnal Ilmiah Didaktika 15, no. 1 (August 1, 2014): 13. https://doi.org/10.22373/jid.v15i1.554.