Dampak Revolusi Industri 4.0 Terhadap Iman-Moral Remaja dan Pemuda Masa Kini: Pentingnya Pendidikan Agama Kristen

Authors

  • Esti Regina Boiliu Universitas Kristen Indonesia
  • Fredik Melkias Boiliu Sekolah Tinggi Teologi Pelita Dunia, Tangerang
  • Ronald Sianipar Sekolah Tinggi Teologi Real, Batam

DOI:

https://doi.org/10.38189/jtbh.v6i2.230

Keywords:

Christian Religious Education, Youth, Industrial Revolution 4.0

Abstract

The Industrial Revolution 4.0 era has a significant impact, including on aspects of faith and morals, especially for young people. This article examines these impacts and offers solutions through Christian Education. It is hoped that an understanding of these challenges and solutions can help build a young generation of faith and morality in this digital era. This research uses a qualitative approach with a literature study to analyze the impact of the Industrial Revolution 4.0 on the faith and morals of young people, as well as its implications for Christian Education. This research uses a qualitative approach with a literature study to analyze the impact of the Industrial Revolution 4.0 on the faith and morals of young people, as well as its implications for Christian Education. Christian religious education plays an important role in guiding young people in the era of the Industrial Revolution 4.0. With a proper understanding of the challenges and solutions offered, it is hoped that the younger generation can develop into individuals of faith and morality.


Era Revolusi Industri 4.0 membawa dampak signifikan, termasuk pada aspek iman dan moral, khususnya bagi kaum muda. Artikel ini mengkaji dampak tersebut dan menawarkan solusi melalui Pendidikan Agama Kristen. Diharapkan pemahaman tentang tantangan dan solusi ini dapat membantu membangun generasi muda yang beriman dan bermoral di era digital ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi literatur untuk menganalisis dampak Revolusi Industri 4.0 terhadap iman dan moral kaum muda, serta implikasinya bagi Pendidikan Agama Kristen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi literatur untuk menganalisis dampak Revolusi Industri 4.0 terhadap iman dan moral kaum muda, serta implikasinya bagi Pendidikan Agama Kristen. Pendidikan Agama Kristen memegang peran penting dalam membimbing kaum muda di era Revolusi Industri 4.0. Dengan pemahaman yang tepat tentang tantangan dan solusi yang ditawarkan, diharapkan generasi muda dapat berkembang menjadi pribadi yang beriman dan bermoral.

References

Agung Gunawan. “Pemuridan Dan Kedewasaan Rohani.†Jurnal Theologi Aletheia 19, no. 12 (2017): 1–18.

Agus Sutrisno. “Revolusi Industri 4.0 Dan Berbagai Implikasinya.†Jurnal Tekno Mesin 5, no. 1 (2018): 5–7.

Ali Said, Indra Gunawan, penganggung jawab, Indah Budiarti dan Tri Rosalina Budi Rahayu. Statistik Gender Tematik, Profil Generasi Milenial Indonesia,. Jakarta: KPP dan PA dan BP, 2018.

Aritonang, Sovian, and Riyadi Juhana. “Strategi Pembelajaran Dalam Menghadapi Tantangan Era Revolusi Industri 4.0.†Seminar Pasca Sarjana 2019 UNNES (2020).

E.B. Surbakti. Kenalilah Anak Remaja Anda. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2012.

Hadi Machmud. “Urgensi Pendidikan Moral Dalam Membentuk Kepribadian Anak.†Al Ta’dib 7, no. 2 (2014).

Hamdan, Hamdan. “Industri 4.0: Pengaruh Revolusi Industri Pada Kewirausahaan Demi Kemandirian Ekonomi.†Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis 3, no. 2 (2018): 1.

Herianto Sande Pailang. “Membangun Spiritual Remaja Masa Kini Berdasarkan Amsal 22:6.†STT JaffrayMakasar 1, no. 1 (2011): 1–8.

Iqbal Maesa Febriawan. “Pemuda Kekinian Dan Media Sosial: Tantangan Dan Peluang Untuk Kesehatan Jiwa.â€

Maria Puspitasari. ““ Pemuda GKJ Purwokerto : Karakteristik Pemuda Pada Lingkungan Gereja Dalam Menjawab Masa Kini.†Prosiding: Pengembangan Sumber Daya Perdesaan dan Kearifan Lokal Berkelanjutan IX (2019): 19–20.

Marinus Rotto. “Pemuridan Kontekstual Terhadap Pertumbuhan Rohanis Pemuda Masa Kini.†Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja (2019): 1–5.

Matinahoruw, Adri O E. “Peran Pemuda Kristen Di Tengah Tantangan Revolusi Industri 4.0 (Analisa Naratif Terhadap Matius 5: 13--16).†NOUMENA: Jurnal Ilmu Sosial Keagamaan 1, no. 1 (2020): 53–68.

Muhammad Yahya, H. “Era Industri 4.0: Tantangan Dan Peluang Perkembangan Pendidikan Kejuruan Indonesia Disampaikan Pada Sidang Terbuka Luar Biasa Senat Universitas Negeri Makassar Tanggal 14 Maret 2018†8, no. 1 (2019).

Natasuwarna, Amar P. “Tantangan Menghadapi Era Revolusi 4 . 0 - Big Data Dan Data Mining.†Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat 2019 (2019): 23–27.

Perdana, Ariwan. “Generasi Milenial Dan Strategi Pengelolaan SDM Era Digital.†Jurnal Studi Pemuda 8, no. 1 (2019): 75.

Prasetyo, Banu, and Danumi Trisyanti. “Prosiding Semateksos 3 ‘Strategi Pembangunan Nasional MenghadapiRevolusiIndustri 4.0’ Revolusi Industri 4.0.†Teknik Indsutri (2019): 22–27.

Prasetyo, Hoedi, and Wahyudi Sutopo. “Industri 4.0: Telaah Klasifikasi Aspek Dan Arah Perkembangan Riset.†J@ti Undip : Jurnal Teknik Industri 13, no. 1 (2018): 17.

Putra, Pratama. “Peluang Pengembangan Perpustakaan Berbasis.†Revolusi Industri 4.0 : Peluang Pengembangan Perpustakaan Berbasis Teknologi Informasi 25, no. 3 (2018): 35–41.

Roswitna Ndrahadan & Julianto Simanjuntak. 9 Masalah Utama Remaja: Memahami Dan Berkomunikasi Dengan Remaja Masa Kini. Jakarta: Yayasan Peduli Konseling Indonesia, 2009.

Rumahorbo, Benget. “Pembentukan Spiritualitas Mahasiswa Di Era Revolusi Industri 4 . 0†9 (2019): 132–144.

Satya, Venti Eka. “Strategi Indonesia Menghadapi Industri 4.0.†Jurnal Info Singkat 10, no. 9 (2018): 19–24.

Yoris Sebastian. Generasi Langgas. Jakarta: GagasMedia, 2018.

Published

2024-04-30

How to Cite

Boiliu, E. R., Boiliu, F. M., & Sianipar, R. (2024). Dampak Revolusi Industri 4.0 Terhadap Iman-Moral Remaja dan Pemuda Masa Kini: Pentingnya Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Teologi Berita Hidup, 6(2), 580–595. https://doi.org/10.38189/jtbh.v6i2.230

Issue

Section

Articles