Pembelajaran Daring: Harmonisasi Teknologi Dan Pendidikan Karakter Kristen Anak
DOI:
https://doi.org/10.38189/jtbh.v4i1.189Abstract
The Covid-19 pandemic has created a new habitus for all aspects of life, including education. In accordance with the circular given from the Minister for the entire learning process to be carried out online. This is because the impact of this pandemic is not only experienced by one or two countries but the whole world, including Indonesia. Online learning is not a new method applied in the world of education. Online learning is one way of distance learning that aims to transfer knowledge by utilizing electronic communication networks. Distance learning constraints need a breakthrough because many regions experience technological limitations, weak networks, and limited internet quotas. Proficiency in using technology must also be done intelligently. Good character must also run in harmony with technological developments so that children are able to become good people in character and smart in technology. Technology will continue to develop and Christian character education will continue to be built. Teachers, parents, and children must synergize well so that the implementation of online learning can run well. Not only knowledge is transferred, but spiritual strengthening must be done so that the formation of Christian character can have an impact on children as students. Rapid technological developments also require these three components to be able to adapt and utilize them intelligently.
                             Â
Â
Abstrak
Â
Kondisi pandemi Covid-19 membuat suatu habitus baru ke semua aspek kehidupan tak terkecuali dunia pendidikan. Sesuai surat edaran yang diberikan dari Menteri untuk seluruh proses pembelajaran dilakukan secara daring. Hal ini dikarenakan dampak yang ditimbulkan dari pandemi ini bukan hanya dialami oleh satu atau dua negara namun seluruh dunia tak terkecuali di Indonesia. Pembelajaran daring bukanlah suatu metode baru yang diterapkan dalam dunia pendidikan. Pembelajaran daring yang dilakukan merupakan salah satu cara pembelajaran jarak jauh yang bertujuan mentransfer ilmu pengetahuan dengan memanfaatkan jaringan komunikasi elektronik. Kendala pembelajaran jarak jauh perlu terobosan karena banyak daerah mengalami keterbatasan teknologi, lemahnya jaringan, dan kuota internet yang terbatas. Kecakapan menggunakan teknologi juga harus dilakukan secara cerdas. Karakter yang baik juga harus berjalan secara harmonis dengan perkembangan teknologi agar anak mampu menjadi pribadi yang baik secara karakter dan cerdas dalam berteknologi. Teknologi akan terus berkembang dan pendidikan karakter Kristen tetap terbangun. Guru, Orangtua, dan anak harus bersinergi dengan baik agar pelaksanaan pembelajaran daring dapat berjalan dengan baik. Bukan hanya ilmu pengetahuan yang ditransfer namun penguatan secara spiritual harus dilakukan sehingga pembentukan karakter kristen dapat berdampak bagi anak sebagai peserta didik. Perkembangan teknologi yang secara cepat juga mengharuskan ketiga komponen ini mampu beradaptasi dan memanfaatkan secara cerdas.
ÂReferences
Dewi, Tya Ayu Pransisika., and Arief Sadjiarto, ‘Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi COVID-19’, Jurnal Basicedu, 2021
Hakim, Muhammad Fadhil AL, ‘Peran Guru Dan Orang Tua: Tantangan Dan Solusi Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemic COVID-19’, Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 2021
https://kbbi.web.id/teknologi, diakses tanggal 3 Agustus 2021
I Wayan Eka Santika, ‘Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Daring’, Indonesian Values and Character Education Journal, 2020
Khaironi, Mulianah, ‘Pendidikan Karakter Anak Usia Dini’, Jurnal Golden Age, 2017 <https://doi.org/10.29408/goldenage.v1i02.546>
Maitimu Roy, 2019, https://maluku.kemenag.go.id/berita/membangun-karakter-kristen-yang-kuat, diakses tanggal 30 Agustus 2021
Nugraheny, Aulia Riska, ‘Peran Teknologi, Guru Dan Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi’, Peran Teknologi, Guru Dan Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi, 2020, 7
———, ‘Peran Teknologi, Guru Dan Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi’, Peran Teknologi, Guru Dan Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi, 2020
Nugroho Andy, ‘Perkembangan Teknologi Di Indonesia Beserta Dampaknya’, Qwords.Com, 2021
Salsabila, Unik Hanifah, Rio Saputra, and Imam Nur Qoyyum, ‘PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM’, Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 2020
Sister Buulolo, Nelci Kual, Rolan Marthin Sina, and Hendro Hariyanto Siburian, ‘Pembelajaran Daring: Tantangan Pembentukan Karakter Dan Spiritual Peserta Didik’, PEADA’ : Jurnal Pendidikan Kristen, 2020
Trisna Wulandari, 2021, https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5587544/9-jenis-kecerdasan-manusia-menurut-peneliti-harvard-bantu-cara-belajar, diakses tanggal 28 Agustus 2021