Dampak Dan Efektivitas Penggunaan Metode Diskusi Kelompok bagi Siswa SMA dalam Pendidikan Agama Kristen

Authors

  • Venida Jeliati Mooy Sekolah tinggi teologi sangkakala, Salatiga
  • Yonatan Alex Arifianto Sekolah Tinggi Teologi Sangkakala, Salatiga
  • Reni Triposa Sekolah Tinggi Teologi Sangkakala, Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.38189/jtk.v4i1.873

Keywords:

Metode diskusi kelompok, Pendidikan Agama Kristen, efektivitas, keterlibatan siswa, pemikiran kritis

Abstract

This study aims to examine the impact and effectiveness of using the group discussion method in Christian Religious Education at the high school level. The group discussion method is expected to enhance students' understanding of religious teachings and to build character in accordance with Christian values. This research employs a qualitative approach with data collected through observations, interviews, and questionnaires from students and teachers. The findings indicate that the group discussion method significantly increases student engagement, encourages critical thinking, and deepens their understanding of religious teachings. Furthermore, students feel more comfortable sharing their opinions and interacting with their peers. Thus, the use of group discussion methods in Christian education proves to be effective in creating an active and enjoyable learning environment.

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak dan efektivitas penggunaan metode diskusi kelompok dalam pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA). Metode diskusi kelompok diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap ajaran agama serta membangun karakter yang sesuai dengan nilai-nilai Kristiani. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan angket kepada siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode diskusi kelompok secara signifikan meningkatkan keterlibatan siswa, mendorong pemikiran kritis, dan memperdalam pemahaman mereka tentang ajaran agama. Selain itu, siswa merasa lebih nyaman dalam berbagi pendapat dan berinteraksi dengan teman-teman mereka. Dengan demikian, penggunaan metode diskusi kelompok dalam pendidikan agama Kristen terbukti efektif dalam menciptakan suasana belajar yang aktif dan menyenangkan.

References

Afiyanti, Yati. “Focus Group Discussion (Diskusi Kelompok Terfokus) Sebagai Metode Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif.†Jurnal Keperawatan Indonesia 12, no. 1 (2008): 58–62.

Arifianto, Yonatan Alex, Hardi Budiyana, and Paulus Purwoto. “Model Dan Strategi Pembelajaran Yesus Berdasarkan Injil Sinoptik Dan Implementasinya Bagi Guru Pendidikan Agama Kristen.†Harati: Jurnal Pendidikan Kristen 1, no. 1 (2021): 1–17.

Bandura, Albert. “Social Learning Theory.†Englewood Cliffs (1977).

BOND, Trevor Grahame, and Anastasia Tryphon. “Piaget’s Legacy as Reflected in The Handbook of Child Psychology (1998 Edition)†(2007).

Chung, Sung Wook. Belajar Teologi Sistematika Dengan Mudah: Memahami Teologi Dengan Sederhana Dan Jelas. Terjemahan. Bandung: PT VISI ANUGERAH INDONESIA, 2011.

Daniel Nuhamara. “Pengutamaan Dimensi Karakter Dalam Pendidikan Agama Kristen.†JURNAL JAFFRAY (2018).

Darmayanti, N W, I Nengah Sueca, Linda Sekar Utami, Nursina Sari, and others. “Pendampingan Bimbingan Belajar Di Rumah Bagi Siswa Sd Dusun Buruan Tampaksiring Untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa.†SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan 3, no. 2 (2020): 207.

Djaja, Sutrisno. “Harapan Dan Tantangan Guru Pembelajar Moda Daring.†JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial 10, no. 2 (2017).

Festiawan, Rifqi. “Belajar Dan Pendekatan Pembelajaran.†Universitas Jenderal Soedirman 11 (2020).

Halawa, Timotius Prasetyo, Meiskewaty Brek, Djoys Anneke Rantung, and Lamhot Naibaho. “Berpikir Kritis Melalui Metode Mind Mapping Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen.†Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 9, no. 2 (2024): 190–201.

Hasanah, Lutfia Nabilla, and Tika Puspita Widya Rini. “Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Muatan IPA Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Siswa SD.†Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling 2, no. 3 (2024): 884–889.

Hasriadi, Hasriadi. “Strategi Pembelajaran.†Mata Kata Inspirasi, 2022.

Hutabarat, Debby, Andar Gunawan Pasaribu, and Wilson Simanjuntak. “Pengaruh Metode Diskusi Oleh Guru Pendidikan Agama Kristen Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Balige Kabupaten Toba Tahun Pembelajaran 2023/2024.†Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter 1, no. 5 (2023): 125–131.

Kasi, Rades. “Pembelajaran Aktif: Mendorong Partisipasi Siswa†(2023).

Lubis, Reza Noprial. “Efektivitas Metode Diskusi Dalam Pembelajaran PAI Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa.†TARBIYAH: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 1 (2023): 61–66.

Manizar, Elly. “Peran Guru Sebagai Motivator Dalam Belajar.†Tadrib 1, no. 2 (2015): 204–222.

Mas, Sitti Roskina. “Profesionalitas Guru Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran.†Jurnal Inovasi 5, no. 2 (2008).

Mulyasa, Enco. “Penelitian Tindakan Kelas.†Bandung: PT Remaja Rosdakarya (2010).

Mulyatiningsih, Endang. “Pengembangan Model Pembelajaran.†Diakses dari http://staff. uny. ac. id/sites/default/files/pengabdian/dra-endang-mulyatiningsih-mpd/7cpengembangan-model-pembelajaran. pdf. pada September (2016).

Nababan, Damayanti, Lasmaria Sihaloho, and Leli Siopani Tambunan. “Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Dan Pengimplementasiannya Dalam PAK.†Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora 2, no. 2 (2023): 542–556.

Pardede, Parlindungan. “Berpikir Kritis Dan Kreatif Dalam Pendidikan Kristen.†REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 1, no. 1 (2016): 1–32.

Pebilasari, Della, and Yenni Yunita. “Pengaruh Metode Diskusi Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.†Jurnal Pendidikan Islam Muta’allimin 1, no. 1 (2023): 16–22.

Pertiwi, Amalia Dwi, Siti Aisyah Nurfatimah, and Syofiyah Hasna. “Menerapkan Metode Pembelajaran Berorientasi Student Centered Menuju Masa Transisi Kurikulum Merdeka.†Jurnal Pendidikan Tambusai 6, no. 2 (2022): 8839–8848.

prabowo david eko. “Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Tps (Think Pair and Share) Pada Sejarah Indonesia†(2021).

Ratnadi, Ni Ketut Sri. “Metode Diskusi Kelompok Kecil Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa.†Jurnal pendidikan dan pembelajaran IPA Indonesia 9, no. 3 (2019): 156–164.

Rm, Ryan. “Intrinsic and Extrinsic Motivations: Classic Definitions and New Directions.†Contemporary educational psychology 25 (2000): 54–67.

Rofi’ie, Abdul Halim. “Pendidikan Karakter Adalah Sebuah Keharusan.†WASKITA: Jurnal Pendidikan Nilai Dan Pembangunan Karakter 1, no. 1 (2019): 113–128.

Saragih, Novita Romauli. “Efektivitas Metode Tanya Jawab Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen.†Jurnal Pendidikan Religius 4, no. 1 (2022): 43–56.

Sholihah, Marwah, and Nurrohmatul Amaliyah. “Peran Guru Dalam Menerapkan Metode Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar.†Jurnal Cakrawala Pendas 8, no. 3 (2022): 898–905.

Siki, Cici Epmi Rorian, and Ayang Emiyati. “Kompetensi Sosial Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila.†In Proceeding National Conference of Christian Education and Theology, 2:82–91, 2024.

Sopakua, Samel, Wilhelmus Labobar, and Feby Latuihamallo. “Hubungan Metode Diskusi Kelompok Dengan Motivasi Belajar Terhadap Daya Serap Peserta Didik Pada Pembelajaran Pak Dan Budi Pekerti.†STRATEGY: Jurnal Inovasi Strategi dan Model Pembelajaran 1, no. 2 (2021): 130–147.

Sunarko, Andreas Sese. “Fungsi Keluarga Dalam Persepektif Alkitab Sebagai Basis Pendidikan Agama Kristen.†Jurnal Pendidikan Agama Kristen (JUPAK) 1, no. 2 (2021): 92–107.

Syafruddin, Syafruddin. “Implementasi Metode Diskusi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa.†CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro 1, no. 1 (2017).

Tambunan, Daulat Marulitua, Erat Warni Zega, Kiu Sian, Seniwati Nazara, Benasokhi Nazara, and others. “Kajian Kurikulum Pembelajaran Daring Untuk Mata Kuliah Praktikum Di Program Studi Sarjana Pendidikan Agama Kristen Sekolah Tinggi Teologi Rahmat Emmanuel-Jakarta Selama Masa Pandemik Covid-19.†Jurnal Teologi Rahmat 8, no. 2 (2022).

Timpal, Jeferson Davis Freny, and Valentino Reykliv Mokalu. “Pengaruh Kompetensi Spiritual, Pedagogik, Dan Sosial Guru Pendidikan Agama Kristen Terhadap Kualitas Belajar Mengajar Siswa.†DUNAMIS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani 6 (2022): 708–722.

Downloads

Published

2024-05-30

How to Cite

Mooy, V. J., Arifianto, Y. A., & Triposa, R. (2024). Dampak Dan Efektivitas Penggunaan Metode Diskusi Kelompok bagi Siswa SMA dalam Pendidikan Agama Kristen. Teokristi: Jurnal Teologi Kontekstual Dan Pelayanan Kristiani, 4(1), 46–64. https://doi.org/10.38189/jtk.v4i1.873

Issue

Section

Articles