Strategi Pembelajaran Kontekstual dalam Pendidikan Agama Kristen Untuk Mengatasi Tantangan Sosial
DOI:
https://doi.org/10.38189/jtk.v4i1.872Keywords:
strategi pembelajaran kontekstual, pendidikan agama kristen, tantangan sosialAbstract
Christian religious education faces challenges in shaping students' character and understanding of religious teachings in a growing social context. Contextual learning strategy is a solution to overcome this challenge by connecting Christian religious teachings with students' real life. This approach emphasises students' cognitive, character and spiritual aspects, as well as the relevance of religious teachings in their social context. The purpose of this study is to explore the application of contextualised learning strategies in Christian Religious Education and its impact on students' understanding of Christian values as well as their ability to contribute positively in society. Using a descriptive qualitative method with a literature study approach, it can be concluded that contextual learning strategies can broaden students' religious understanding, build character, and improve social skills. Thus, this approach is effective in preparing students to face social challenges with integrity and empathy, and play an active role in improving society.
Pendidikan agama Kristen menghadapi tantangan dalam membentuk karakter dan pemahaman siswa terkait ajaran agama dalam konteks sosial yang berkembang. Strategi pembelajaran kontekstual menjadi solusi untuk mengatasi tantangan ini dengan menghubungkan ajaran agama Kristen dengan kehidupan nyata siswa. Pendekatan ini menekankan pada aspek kognitif, karakter, dan spiritual siswa, serta relevansi ajaran agama dalam konteks sosial mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi penerapan strategi pembelajaran kontekstual dalam Pendidikan Agama Kristen dan dampaknya terhadap pemahaman siswa tentang nilai-nilai Kristen serta kemampuan mereka untuk berkontribusi positif dalam masyarakat. Mengunkan metode kualitatif deskritif dengen pendekatan studi pustaka maka dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran kontekstual dapat memperluas pemahaman agama siswa, membangun karakter, dan meningkatkan keterampilan sosial. Dengan demikian, pendekatan ini efektif dalam mempersiapkan siswa untuk menghadapi tantangan sosial dengan integritas dan empati, serta berperan aktif dalam memperbaiki masyarakat.
References
Andrian, Tonny. “Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Pembentukan Nilai Moral Remaja Masa Kini.†Inculco Journal of Christian Education 4, no. 1 (2024): 107–122.
Aritonang, Elfrida, Dame Taruli Simamora, Rida Gultom, Oktober Tua Aritonang, and Wilson Simanjuntak. “Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Kristen Dan Budi Pekerti Siswa Kelas V SD Negeri 173551 Laguboti Tahun Pembelajaran 2024/2025.†Jurnal Teologi Injili dan Pendidikan Agama 2, no. 4 (2024): 67–83.
Brinus, Kristianti S W, Alberta P Makur, and Fransiskus Nendi. “Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Smp.†Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 8, no. 2 (2019): 261–272.
Budiman, Agus. “Penerapan Metode Kontekstual Inkuiri Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.†Penerapan Metode Kontekstual Inkuiri Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam 1, no. 1 (2017): 15–24.
Gafur, Abdul. “Penerapan Konsep Dan Prlnsip Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) Dan Desain Pesan Dalam Pengembangan Pembelajaran Dan Bahan Ajar.†Cakrawala Pendidikan, no. 3 (2003): 85506.
Hamid, Jumadil, Pebriyan Pebriyan, and Gusmaneli Gusmaneli. “Pembelajaran Kontekstual: Solusi Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan.†Realisasi: Ilmu Pendidikan, Seni Rupa dan Desain 1, no. 3 (2024): 1–12.
J.F. Sagala, Lenda Dabora. “Tugas Pedagogis Gembala Dalam Menyiapkan Warga Gereja Menghadapi Perubahan Sosial.†Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat (2020).
Kadir, abdul. “Konsep Pembelajaran Kontekstual Di Sekolah.†Dinamika Ilmu 13, no. 1 (2013): 17–38.
Mbeo, Ella Tesalonika, and Andreas Bayu Krisdiantoro. “Pembinaan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pendidikan Karakter Peserta Didik Di Sekolah.†Teologi dan Pendidikan Kristen 3, no. 1 (2021): : 17-29.
Nababan, Damayanti, Naomi Shintia Marito Panjaitan, and Oktaviani Simbolon. “Strategi Pembelajaran Kontekstual.†Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora 2, no. 2 (2023): 591–600.
Nababan, Damayanti, Sandriyanti Sihotang, and Lastry Rohani Panjaitan. “Implementasi Strategi Pembelajaran Kontekstual Dalam Meningkatkan Minat Belajar Pak Di Dalam Kelas.†Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora 2, no. 2 (2023): 801–809.
Sagala, Lenda Dabora J F. “Peran Pendidikan Kristen Dalam Menghadapi Perubahan Sosial.†Jurnal Simpson: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen 1, no. 1 (2014).
Sianipar, Desi. “Peran Pendidikan Agama Kristen Di Gereja Dalam Meningkatkan Ketahanan Keluarga.†Jurnal Shanan 4, no. 1 (2020): 73–92.
Sianipar, Gabriel. “Implementasi Mengembangkan Kreativitas Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen.†REI MAI: Jurnal Ilmu Teologi Dan Pendidikan Kristen 1, no. 2 (2023): 75–91.
Sianturi, Ruth Anna Marietta, and Maniar Arnida Samosir. “Sejarah Pendidikan Kristen Dan Perkembangan Kematangan PAK Gereja: Perjalanan Panjang Dan Tantangan.†The Way: Jurnal Teologi dan Kependidikan 9, no. 1 (2023): 18–32.
Sitompul, Baginda, Afriani Manalu, Grace Metaria Sihombing, and Dasriana Ziraluo. “Implementasi Pendidikan Agama Kristen (PAK) Masa Yesus Di Sekolah.†EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 4, no. 1 (2023): 747–754.
Situmeang, Erentika, Lustani Samosir, Damayanti Nababan, Lince Simamora, and Lasmaria Lumban Tobing. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen Dan Budi Pekerti Siswa Sma Swasta Pgri 20 Siborongborong.†Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora 3, no. 3 (2024): 3381–3392.
Strauss, Anselm, and Juliet Corbin. “Penelitian Kualitatif.†Yogyakarta: Pustaka Pelajar 165 (2003).
Sumarno, Yuel, Josia Pantja Paruntung, and others. “Penerapan Strategi Pembelajaran Kontekstual Dalam Upaya Meningkatkan Minat Belajar Pak.†Edukasi: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 10, no. 2 (2019): 27–39.
Umrati and Hengky Wijaya. Analisis Data Kualitatif Teori Konsep Dalam Penelitian Pendidikan. Sulawesi Selatan: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray, 2020.
Yohanis, Yohanis. “Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen Dalam Meningkatkan Spiritualitas Siswa Di SDN 06 Gandangbatu Sillanan.†Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja, 2024.