Strategi Pembelajaran Interaktif Dalam Pendidikan Agama Kristen: Studi Kasus di Sekolah Menengah Pertama

Authors

  • Angela Abel Sekolah Tinggi Teologi Sangkakala, Salatiga
  • Reni Triposa Sekolah Tinggi Teologi Sangkakala, Salatiga
  • Yonatan Alex Arifianto Sekolah Tinggi Teologi Sangkakala, Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.38189/jtk.v3i2.851

Keywords:

Strategi Pembelajaran, Interaktif, Pendidikan Agama Kristen,

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan strategi pembelajaran dalam pendidikan agama kristen di dalam strategi pembelajaran untuk bisa meningkatkan partisipasi siswa dengan guru dalam pembelajaran. Maksud dan tujuan ini untuk bisa meningkatkan pemahaman siswa serta pemahaman dalam belajar dan ajaran agama yang melalui diskusi dalam penggunaan dan dapat manfaatkan teknologi digital. Menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi literature maka dapat disimpulkan bahwa guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang nyaman untuk belajar dan siswa dapat belajar dengan nyaman sehingga dapat meningkatkan belajar siswa dengan melibatkan siswa dalam proses pembelajaran sehingga siswa terus berkarya dalam pembelajaran, guru bisa  menggunakan  suatu strategi dalam belajar dengan cara yang kreatif serta dengan cara  tanya jawab sehingga pembelajaran dapat menjadi lebih efektif. Guru bisa memberikan dampak yang baik kepada siswa dalam perilaku dan kebiasaan yang baik.

References

Adisel, Adisel, and Ahmad Gawdy Prananosa. “Penggunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Sistem Manajemen Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19.†Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT) 3, no. 1 (2020): 1–10.

Andrianti, Sarah. “Pendekatan Pembelajaran Berpusat Pada Siswa Dalam Pendidikan Agama Kristen Sebagai Implementasi Kurikulum 2013.†Jurnal Antusias 3, no. 5 (2014): 86–102.

Anitah, Sri, and others. “Strategi Pembelajaran.†Jakarta: Universitas Terbuka 1 (2007): 1.2.

Beis, Yunita Sarah, Steaven Octavianus, and Dwi Novita Sari. “Analisis Implementasi Strategi Belajar Interaktif Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen.†Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 5, no. 2 (2020): 148–158.

Ceha, R, Endang Prasetyaningsih, Iyan Bachtiar, and others. “Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Pemanfaatan Teknologi Informasi Pada Kegiatan Pembelajaran.†ETHOS: Jurnal Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat (2016): 131–138.

Chen, CH, & Cheng, YS. “Pengaruh Strategi Pembelajaran Interaktif Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pendidikan Nonformal.†Jurnal Teknologi & Masyarakat Pendidikan 2, no. 21 (2018): 102–113.

Dr. F Edison,Thomas, M.Si. 52 Metode Mengajar:Mengangkat Harkat Dan Martabat Pendidik Menjadi Berwibawa Dan Terhormat. kalam hidup, 2017.

Erwinsyah, Alfian. “Manajemen Pembelajaran Dalam Kaitannya Dengan Peningkatan Kualitas Guru.†Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 5, no. 1 (2017): 69–84.

Fakhrurrazi, Fakhrurrazi. “Pelaksanaan Bimbingan Keagamaan Terhadap Narapidana Di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Teluk Dalam Banjarmasin†(2013).

Fauzi, Saski Anggreta, and Dea Mustika. “Peran Guru Sebagai Fasilitator Dalam Pembelajaran Di Kelas v Sekolah Dasar.†Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 4, no. 3 (2022): 2492–2500.

Fimala, Yosi, Neviyarni S, and Irda Murni. “Peran Orang Tua Dan Guru Dalam Memotivasi Peserta Didik Sekolah Dasar Di Masa Pandemi.†JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia) 6, no. 1 (2021): 44.

Gunawan, Gunawan, Lilik Kustiani, and Lilik Sri Hariani. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa.†Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS 12, no. 1 (2018): 14–22.

Hidayat, Tatang, and Aceng Kosasih. “Analisis Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran Pai Di Sekolah.†Muróbb{^i}: Jurnal Ilmu Pendidikan 3, no. 1 (2019): 45–69.

Indahsari, Leoni, and Sumirat Sumirat. “Implementasi Teknologi Augmented Reality Dalam Pembelajaran Interaktif.†Cognoscere: Jurnal Komunikasi Dan Media Pendidikan 1, no. 1 (2023): 7–11.

Ismail, M Jen, and others. “Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Menjaga Kebersihan Di Sekolah.†Guru Tua: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 4, no. 1 (2021): 59–68.

Larosa, Setiaman, and Sorni Lami. “Strategi Pembelajaran Interaktif Pada Pelajaran PAK Di Masa Pasca Pandemi Covid-19.†PEADA’: Jurnal Pendidikan Kristen 3, no. 2 (2022): 102–119.

Limbong, Masdar, Fauzi Fahmi, Rabiatul Khairiah, and others. “Sumber Belajar Berbasis Media Pembelajaran Interaktif Di Sekolah: Learning Resources Based on Interactive Learning Media in School.†Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi 2, no. 1 (2022): 27–35.

Lubis, Ita Purnama Salenggam. “Keteladanan Guru Sebagai Sarana Penerapan Pendidikan Karakter Siswa†(2021).

Maisaroh, Anis, and A Wathon. “Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran.†Sistim Informasi Manajemen 1, no. 1 (2018): 64–82.

Melati, Eka, Mirdan Kurniawan, Marlina Marlina, Sonny Santosa, Rani Zahra, and Yulian Purnama. “Pengaruh Metode Pengajaran Berbasis Teknologi Terhadap Kemampuan Berbicara Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Di Sekolah Menengah.†Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP) 6, no. 4 (2023): 14–20.

MH, M Wahib, Slamet Abadi, Aang Abdullah Zein, Tri Novia, and others. “Studi Historis Perkembangan Sistem Pendidikan Di Indonesia.†al-Afkar, Journal For Islamic Studies 5, no. 4 (2022): 83–90.

Murni, Neli Fitra. “Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Proses Pembelajaran.†In Science, Engineering, Education, and Development Studies (SEEDS): Conference Series. Vol. 5, 2021.

Nurwindayani, Efi. “Memaknai Peran Alkitab Dalam Pertumbuhan Rohani Mahasiswa Kristen Melalui Pemuridan Kontekstual Di Surakarta.†Diegesis: Jurnal Teologi 5, no. 2 (2020): 1–13.

Pratomo, Adi, and Agus Irawan. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Menggunakan Metode Hannafin Dan Peck.†POSITIF: Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi 1, no. 1 (2015).

Ricu Sidiq, Najuah. “Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android Pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar.†Jurusan Pendidikan Sejarah, Universitas Negeri Medan 9 (2020): 5.

Sari, Eka Rosmitha, Muhammad Yusnan, and Irman Matje. “Peran Guru Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran.†Jurnal Eduscience 9, no. 2 (2022): 583–591.

Stevanus, Kalis, and Dwiati Yulianingsih. “Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Pada Anak Usia Dini.†PEADA’: Jurnal Pendidikan Kristen 2, no. 1 (2021): 15–30.

Suhernawati, Nanik, Makmuri Makmuri, and Asri Widiatsih. “Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Power Point Pada Mata Pelajaran Ips Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Smp Negeri 2 Ambulu.†Journal of Education Technology and Inovation 3, no. 2 (2020): 40–50.

Sukmawati, Rika. “Pengaruh Pembelajaran Interaktif Dengan Strategi Drill Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa.†Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika 10, no. 2 (2017).

Sulastri, Nova Dwi Pratiwi, Elpisah Elpisah, Kasmawati Kasmawati, Roshayati Roshayati, and Nurhayati Nurhayati. “Model Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Aktifitas Dan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pengantar Pendidikan.†JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia 2, no. 4 (2023): 24–39.

Wijoyo, Agung. “Pengaruh Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Multi Media Pembelajaran Interaktif Untuk Sekolah Menengah Pertama Dan Sekolah Menengah Atas.†Jurnal Informatika Universitas Pamulang 3, no. 1 (2018): 46–55.

Zubaidah, Siti. “Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran.†In Seminar Nasional Pendidikan, 2:1–17, 2016.

Downloads

Published

2024-11-04

How to Cite

Abel, A., Triposa, R., & Arifianto, Y. A. (2024). Strategi Pembelajaran Interaktif Dalam Pendidikan Agama Kristen: Studi Kasus di Sekolah Menengah Pertama. Teokristi: Jurnal Teologi Kontekstual Dan Pelayanan Kristiani, 3(2), 123–137. https://doi.org/10.38189/jtk.v3i2.851