Efektivitas Penerapan Metode Role-Playing Pada Pendidikan Agama Kristen Sebagai Upaya Peningkatkan Pemahaman Teologis

Authors

  • Esterina Yunita Adu Sekolah Tinggi Teologi Sangkakala
  • Yonatan Alex Arifianto Sekolah Tinggi Teologi Sangkakala, Salatiga,
  • Reni Triposa Sekolah Tinggi Teologi Sangkakala, Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.38189/jtk.v3i2.849

Keywords:

Pendidikan Agama Kristen, Role Playing, Pemahaman Teologis

Abstract

Pendidikan Agama Kristen memiliki esensi yang sangat penting dalam membangun fondasi atau sebuah dasar pada seseorang agar dapat terpatri iman percaya kepada Tuhan, serta berbudi pekerti luhur. Metode yang digunakan untuk melakukan penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Dengan adanya penelitian yang berkaitan dengan keefektivitas metode role playing pada kurikulum merdeka terkait keaktifan nara didik di sekolah, penulis tertarik untuk meneliti tentang keefektivitas metode role playing yang berkaitan dengan Pendidikan Agama Kristen dan juga dalam peningkatan paham teologis nara didik, celah ini yang dimanfaatkan oleh peneliti untuk menjawab keefektivitasan metode belajar dalam pemahaman teologi. Metode role playing ternyata dapat dijadikan suatu strategi yang dapat meningkatkan pemahaman teologis dalam pembelajaran Pendidikan Agama Kristen. Menyertakan nara didik untuk berpastisipasi aktif dalam melakukan berbagai peran  dalam berbagai situasi, penggunaan metode role playing dapat menambah pengetahuan, pengalaman dan juga dapat menjembatani akan suatu pemahaman yang lebih dalam mengenai kekristenan.

References

Akhmad sudrajad, ‘Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik, Dan Model Pembelajaran’, Pengertian Pendekatan,Strategi,Metode,Teknik,Taktik Dan Model Pembelajaran, 1, 2003, 2–3

Asrorul Azizi, Irwansah, ‘Pengaruh Metode Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa’, Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi Vol., 8.2 (2020), 229–35

Baharuddin, H, and Esa Wahyuni Nur, Teori Belajar & Pembelajaran (Yogyakarta: Ar-Ruzz Medua, 2015)

Ekoprodjo, Hermansiah Thi, Andreas Joswanto, Sekolah Tinggi, and Teologi Anugrah, ‘Peran Orang Tua Dalam Penanaman Nilai-Nilai Karakter Kristus Pada Era Digital Pendahuluan’, 2022 (2022), 35–49

Eliasar Alunat, Yermias, ‘Analisis Deskriptif Pengajaran Yesus Tentang Penyesatan Anak Berdasarkan Matius 18:6-11 Dan Implementasinya Bagi Guru PAK Masa Kini.’, 5.2 (2024), 263–74

F Edison, Thomas, 52 Metode Mengajar:Mengangkat Harkat Dan Martabat Pendidik Menjadi Berwibawa Dan Terhormat (kalam hidup, 2017)

Haqqun, Syufiyatuddin Indah, Syaiful Bahri, and Qurrata A’yuna, ‘Penerapan Teknik Bermain Peran Dalam Menangani Konflik Interpersonal Pada Mahasiswa’, Jurnal Bimbingan Konseling Universitas Syiah Kuala, 4.2 (2019), 28–37

Hasibuan & Moedjiono, Evaluasi Belajar Dan Pembelajaran (Jakarta: Rineka Cipta, 1985)

Huda, Khoirul, ‘Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Melalui Metode Role Playing’, Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 16.3 (2015), 17–22

Joyce, Bruce, Marsha Weil, and Emily Calhoun, Model-Model Pengajaran (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009)

Karnia, Nia, Jeani Rida, Dwi Lestari, Lukman Agung, Maya Aprida Riani, and Muhammad Galih, ‘Strategi Pengelolaan Kelas Melalui Penerapan Metode Role Playing Dalam Meningkatkan Partisipasi Siswa Di Kelas 3 MI Nihayatul Amal 2 Purwasari’, Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 4.2 (2023), 121–36 <https://doi.org/10.30596/jppp.v4i2.15603>

Khoerunnisa, N, ‘Optimalisasi Metode Bermain Peran Dengan Menggunakan Alat Permainan Edukatif Dalam Mengasah Percaya Diri Anak Usia Dini’, Lentera, XVIII.1 (2015), 77–91

Lisma, Desi, ‘Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Role Playing Berbantuan Alat Peraga Pada Materi Sistem Pencernaan Makanan Di Smpn 2 Bubon, Aceh Barat’, 2023

Nikolaos, Nikolaos, and Yonatan Alex Arifianto, ‘Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pendidikan Sebagai Upaya Peningkatan Karakter Naradidik’, MANTHANO: Jurnal Pendidikan Kristen, 2.1 (2023), 42–52 <https://doi.org/10.55967/manthano.v2i1.26>

Nurfauzi, Yogi, Dina Mayadiana Suwarna, Ali Ramatni, Joni Wilson Sitopu, Janes Sinaga, Stkip Majenang, and others, ‘Efektivitas Model Pembelajaran Role Playing Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Kurikulum Merdeka’, Journal on Education, 06.01 (2023), 213–21

Nurhasanah, Ismawati Alidha, Atep Sujana, and Ali Sudin, ‘Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hubungan Makhluk Hidup Dengan Lingkungannya.’, Pena Ilmiah, 1.1 (2016)

Purwoto, Paulus, Hardi Budiyana, and Yonatan Alex Arifianto, ‘Landasan Teologis Pendidikan Kristen Dalam Perjanjian Baru Dan Relevansinya Bagi Pendidikan Kristen Masa Kini’, DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 3.1 (2020), 34–48 <https://journal.stipakdh.ac.id/index.php/didaktikos/article/view/38>

Putri, Yermia Tri, ‘Penerapan Metode Role Playing Dalam Pendidikan Agama Kristen Untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Tentang Buah Roh Siswa Kelas VI SDK Gloria I Surabaya’

Putri, Yuni Sagita, and Meilan Arsanti, ‘Kurikulum Merdeka Sebagai Upaya Pemulihan Pembelajaran’, Prosiding Seminar Nasional Sultan Agung, 4.November (2022), 21–26

Said, Alamsyah., and Andi Buimanjaya, 95 Strategi Mengajar Multiple Intelligences Mengajar Sesuai Kerja Otak Dan Gaya Belajar Siswa (Jakarta: Prenadamedia Group, 2015)

Samly, Deny, and Yohanes Joko Saptono, ‘Penanaman Nilai-Nilai Kristen Berdasarkan Ulangan 6:7 Bagi Pertumbuhan Manusia Rohani Anak’, Regula Fidei : Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 7.2 (2022), 194–207 <https://doi.org/10.33541/rfidei.v7i2.144>

Sasmita, Lita, and M. Ridwan Said Ahmad, ‘Faktor Penyebab Ketidakaktifan Siswa Kelas Xi Ipa 4 Dalam Proses Belajar Mengajar Di SMAN 12 Makasar’, Jurnal Sosialisasi Pendidikan Sosiologi-FIS UNM, 4.2 (2019), 104

Simamora, May Rauli, and Johanes Waldes Hasugian, ‘Penanaman Nilai-Nilai Kristiani Bagi Ketahanan Keluarga Di Era Disrupsi’, Regula Fidei, 5.1 (2020), 13–24

Suderadjat, Hari, Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK): Pembaharuan Pendidikan Dalam Undang-Undang Sisdiknas 2003 (Cipta Cekas Grafika, 2004)

Sudjana, Nana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2008)

Sugiono, ‘Metode Penelitian Metode Penelitian’, Metode Penelitian Kualitatif, 17, 2015, 43

Surel, Rohmanurmeta, ‘Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesua Melalui Metode Role Playing Pada Siswa Sekolah Dasar’, 37.September 2016 (2017), 24–31

Uci Sanusi, ‘Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Prestasibelajar’, Uniedu, 4.2 (2023), 182–91

Viter, Daniel Marciano Kapoh, Lukas Budi, Marthen Mau, ‘Pentingnya Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Meningkatkan Minat Membaca Alkitab Bagi Peserta Didik Kelas VII Di SMP Negeri 1 Teriak Kabupaten Bengkayang’, Jurnal DIKMAS Arastamar Ngabang, 5.2 (2023), 44–62

Wahyuningsih, Ester Ika, and Ririn Linawati, ‘Meningkatkan Kemampuan Nilai Agama Dan Moral Melalui Bermain Peran Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di KB Cahaya Kasih Jatisari’, Journal of Research and Development Early Childhood (JELYC), 1.1 (2023), 1–10

Widhianawati, Nana, ‘Pengaruh Pembelajaran Gerak Dan Lagu Dalam Meningkatkan Kecerdasan Musikal Dan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini’, Jurnal Penelitian Pendidikan, Edisi Khus.2 (2011), 154–63

Yulianingsih, Dwiati, ‘Upaya Guru Sekolah Minggu Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Alkitab Di Kelas Sekolah Minggu’, Fidei: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika, 3.2 (2020), 285–301

Downloads

Published

2024-11-04

How to Cite

Adu, E. Y., Arifianto, Y. A., & Triposa, R. (2024). Efektivitas Penerapan Metode Role-Playing Pada Pendidikan Agama Kristen Sebagai Upaya Peningkatkan Pemahaman Teologis. Teokristi: Jurnal Teologi Kontekstual Dan Pelayanan Kristiani, 3(2), 93–109. https://doi.org/10.38189/jtk.v3i2.849