PAK Dalam Keluarga dan Lingkungan Pergaulan Siswa, Kontribusinya Terhadap Pembentukan Karakter

Authors

  • Hasahatan Hutahaean Sekolah Tinggi Teologi Sumatera Utara http://orcid.org/0000-0002-2224-0668
  • Hermanto Sihotang Sekolah Tinggi Teologi Sumatera Utara
  • Purnamasari Siagian Sekolah Tinggi Teologi Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.38189/jtbh.v3i2.84

Keywords:

PAK Keluarga, Lingkungan Pergaulan, Pembentukan Karakter

Abstract

This study aims to determine how Christian Education (CE) in the family and social environment of students, and its contribution to the formation of student character. The place where the research was carried out was the private high school GKPI Padang Bulan Medan. The study population was 104 people, while the sample was 30 people. The instrument used for this research was a questionnaire. Based on the results of the study, it was found that there was a contribution of CE in the Family to Character Building at the zero level ry1 = 0.510, there was also a contribution between the Student Social Environment (X2) to the Character Building (Y) at the zero level ry2 = 0.411 and there was a joint contribution between CE in the Family and Social Environment of Students on the Formation of Student Character (1,293). Four characters are described as the character traits of Christianity, namely; Trust completely in God, Not vengeful, Happy to pray, Think rationally. Therefore, parents should continue to provide examples and teaching at home to help shape children's character. Teachers in schools are also to set an example in giving character examples to students.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana PAK dalam keluarga dan lingkungan pergaulan siswa memberi kontribusi terhadap pembentukan karakter siswa. Tempat penelitian dilakukan di SMA Swasta GKPI Padang Bulan Medan. Populasi penelitian sebanyak 104 orang sedangkan sampel sebanyak 30 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan adanya kontribusi PAK dalam Keluarga terhadap Pembinaan Karakter pada tingkat nil ry1 = 0,510, terdapat pula kontribusi Lingkungan pergaulan Siswa (X2) terhadap Pembinaan Karakter. (Y) pada taraf nol ry2 = 0,411 dan ada kontribusi bersama PAK dalam Keluarga dan Lingkungan Sosial Siswa terhadap Pembentukan Karakter Siswa (1,293). Empat karakter yang digambarkan sebagai karakter agama Kristen, yaitu; Percaya sepenuhnya pada Tuhan, Tidak dendam, Senang berdoa, Berpikir rasional. Oleh karena itu, orang tua hendaknya terus memberikan teladan dan pengajaran di rumah untuk membantu membentuk karakter anak. Guru di sekolah juga harus memberi contoh dalam memberikan contoh karakter kepada siswa.

Author Biographies

Hasahatan Hutahaean, Sekolah Tinggi Teologi Sumatera Utara

Prodi Teologi

Hermanto Sihotang, Sekolah Tinggi Teologi Sumatera Utara

Prodi Pendidikan Agama Kristen

Purnamasari Siagian, Sekolah Tinggi Teologi Sumatera Utara

Prodi Pendidikan Agama Kristen

References

Arieska, Permadina Kanah dan Novera Herdiani. “Pemilihan Teknik Sampling Berdasarkan Perhitungan Efisiensi Relatif.†Jurnal Statistika 6, no. 2 (2018): 166–171.

Darmalaksana, Wahyudin. “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan.†Pre-print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung 1, no. 1 (2020): 1–6.

Daryanto, Suryatri Darmiatun. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Diedit oleh Bintoro. Yogyakarta: CV. Gava Media, 2019.

Fitria, Restu Dwi, Muswardi Rosra, Shinta Mayasari, dan 2005:209 Hurlock. “Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya Terhadap Motivasi Belajar Siswa The Influence of Peers Toward Student’s Learning Motivation.†ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling) 5, no. 1 (2017): 54–67.

Hapudin, H. Muhammad Soleh. Membentuk Karakter Baik Pada Diri Anak. Diedit oleh Sofyan RH. Zaid. Jakarta: Tazkia Press, 2019.

Hartono, Handreas. “Membentuk Karakter Kristen Pada Anak Keluarga Kristen.†Kurios 2, no. 1 (2014): 62–69.

Hendriana, Evinna Cinda, dan Arnold Jacobus. “Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Melalui Keteladanan dan Pembiasaan.†JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) 1, no. 2 (2016): 25–29.

Hutabarat, Oditha R. “Mendidik Anak Berkarakter Kristen Mengatasi Kekerasan.†Voice of Wesley: Jurnal Ilmiah Musik dan Agama 1, no. 2 (2019): 1–23.

Jalil, Abdul. “Karakter Pendidikan untuk Membentuk Pendidikan Karakter.†Nadwa 6, no. 2 (2016): 175–192.

Kusnandar, Yotam Teddy. “Pentingnya Golden Character.†EPIGRAPHE: Jurnal Teologi dan Pelayanan Kristiani 1, no. 1 (2017): 11–22.

Mulyani, Mulyani. “Pola Asuh Orang Tua dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosi pada Anak Usia Dini di Desa Tanimulya Kecamatan Ngamprah Kabupaten Bandung Barat.†EMPOWERMENT : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah 3, no. 2 (2014): 135–140.

Nugroho, F J, dan D N Sari. “Kawruh Pamomong: Pendidikan Karakter Kristiani Berbasis Kearifan Lokal.†KURIOS (Jurnal Teologi dan Pendidikan … 6, no. 2 (2020): 289–301.

Panggabean, Justice Zeni Zari. “Pendekatan Praktis-teologis Dalam Fondasi Pendidikan Kristiani.†KURIOS (Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen) 4, no. 2 (2018): 167–181.

Parhusip, Bongsu, Hasahatan Hutahaean, dan Elda Theresia. “Penerapan Model Think-Pair and Share dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAK pada Siswa SMP.†Didache Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 1, no. 2 (2020): 117–140.

Preskila, Eka, dan Bakhoh Jatmiko. “Keluarga Harmonis berdasarkan Kolose 3:18-21 dan Pengaruhnya terhadap Etika Pergaulan Anak.†Didache: Journal of Christian Education 1, no. 2 (2020): 153–168.

Rahmi, Sharfina, Mudjiran Mudjiran, dan Nurfahanah Nurfahanah. “Masalah-Masalah yang Dihadapi Siswa yang Berasal dari Keluarga Broken terhadap Program Layanan Bimbingan dan Konseling.†Konselor 3, no. 1 (2016): 1–6.

Ratnasari, Kusuma Chandra Kirana; Ririn Tri. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Jakarta: Gosyen Publishing, 2017.

Sahartian, Santy. “Pengaruh Pembinaan Rohani Keluarga Terhadap Karakter Pemuda Berdasarkan Kolose 2: 6-10 Di GBAP Surakarta.†FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika 2, no. 1 (2019): 20–39.

Saidah, UH. Pengantar Pendidikan : Telaah Pendidikan Secara Global dan Nasional : Dilengkapi Rekonstruksi Mata Kuliah, RPS, dan SAP. Jakarta: Rajawali Press, 2016.

Shaw, Perry W. H. “Parenting that Reflects the Character of GOD.†Christian Education Journal: Research on Educational Ministry 13, no. 1 (2016): 43–58.

Sugiyono, Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: AlfaBeta, 2018.

Tety, Tety, dan Soeparwata Wiraatmadja. “Prinsip-Prinsip Filsafat Pendidikan Kristen.†Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat 1, no. 1 (2017): 55–60.

Utomo, Bimo Setyo. “(R)Evolusi Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Mentransformasi Kehidupan Siswa.†DUNAMIS: Jurnal Penelitian Teologi dan Pendidikan Kristiani 1, no. 2 (2017): 1–15.

Downloads

Published

2021-03-25

How to Cite

Hutahaean, H., Sihotang, H., & Siagian, P. (2021). PAK Dalam Keluarga dan Lingkungan Pergaulan Siswa, Kontribusinya Terhadap Pembentukan Karakter. Jurnal Teologi Berita Hidup, 3(2), 171–188. https://doi.org/10.38189/jtbh.v3i2.84

Issue

Section

Articles