Kinerja Pendidik Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.38189/jtbh.v5i2.398Keywords:
hasil belajar, kinerja pendidik, mutu pembelajaranAbstract
Proses pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik perlu diciptakan. Pembahasan ini bertujuan untuk mendeskripsikan kinerja pendidikan dalam upaya peningkatkan mutu pembelajaran. Untuk menjawab tujuan tersebut, penulis memilih metode kuatif deskriptif dengan memanfaatkan kepustakaan yang relevan dengan pembahasan. Hasil analisis kajian pustakan didapati bahwa kinerja pendidik sangat dominan menentukan kualitas pembelajaran, dan memengaruhi hasil belajar peserta didik. Upaya peningkatan mutu pembelajaran dapat dicapai melalui tahap pertama adalah merencanakan pembelajaran; kedua adalah pengembangan strategi pembelajaran; ketiga adalah pengembangan media pembelajaran, dan keempat adalah pengembangan metode pembelajaran
Melalui tahapan tersebut diharapkan dapat menciptakan atmosfir pembelajaran yang bermakna dan berkualitas demi menjaga mutu pembelajaran dan mencapai tujuan pembelajaran yang dapat mendorong peserta didik bukan saja menikmati proses pembelajaran yang berkualitas, tetapi peserta didik dapat melakukan aktualisasi diri dalam pembelajaran.
Â
References
Arifin, Dadi Permadi dan Daeng. Panduan Menjadi Pendidik Profesional. Bandung: Nuansa Mulia, 2013.
Dryden, G., & Vos, J. The Learning Revolution. Bandung: Kaifa, 2003.
Elyas, Ananda Hadi. “Penggunaan Model Pembelajaran E-Learning Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran.†Jurnal Warta Dharmawangsa 56 (2018): 1–11.
Fatoni, Adib. “WAWASAN PENDIDIKAN (PENDIDIKAN DAN PENDIDIK).†MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam 3, no. 1 (January 10, 2020): 65–79. http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/mida/article/view/1841.
Inanna, Inanna. “PERAN PENDIDIKAN DALAM MEMBANGUN KARAKTER BANGSA YANG BERMORAL.†JEKPEND: Jurnal Ekonomi dan Pendidikan 1, no. 1 (January 28, 2018): 27. http://ojs.unm.ac.id/JEKPEND/article/view/5057.
Jihad, Suyando dan Asep. Menjadi Pendidik Profesional (Strategi Meningkatkan Kualifikasi Dan Kualitas Pendidik Di Era Global). Jakarta: Grapprint, 2013.
Kunandar. Pendidik Profesional. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007.
Ma’ruf, Muh Wajedi, and Riyo Asmin Syaifin. “Strategi Pengembangan Profesi Guru Dalam Mewujudkan Suasana Pembelajaran Yang Efektif.†Al-Musannif 3, no. 1 (June 20, 2021): 27–44. https://jurnal.mtsddicilellang.sch.id/index.php/al-musannif/article/view/54.
Mas, Sitti Roskina. “Profesionalitas Guru Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran.†Jurnal Inovasi 5, no. 2 (2008): 1–10. https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JIN/article/view/797/740.
Meier, Dave. The Accelerated Learning Handbook. Bandung: Mizan Media Utama, 2002.
Naibaho, Dorlan. “PERANAN GURU SEBAGAI FASILITATOR DALAM PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK.†Jurnal Christian Humaniora 2, no. 2 (2018): 77–86.
Octavia, Shilpy A. Sikap Dan Kinerja Guru Profesional. Yogjakarta: Deepublish, 2019.
Rusman. Manajemen Kurikulum. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012.
Sanjaya, Wina. Kurikulum Dan Pembelajajaran Teori Dan Praktik Pengembangan Kuriukulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Bandung: Kencana Penara Media Group, 2008.
———. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Media Group, 2000.
Stevanus, Kalis. “The Strategic Role of Theological School in Efforts to Formation of Excellent Indonesian Human Resources.†GRAFTA: Journal of Christian Religion Education and Biblical Studies 1, no. 2 (2022): 64–81. https://grafta.stbi.ac.id/index.php/GRAFTA/issue/view/2.
———. “Tujuh Kebajikan Utama Untuk Membangun Karakter Kristiani Anak.†BIA : Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Kontekstual 1, no. 1 (2018): 79–95.
Stevanus, Kalis, and Nathanail Sitepu. “Strategi Pendidikan Kristen Dalam Pembentukan Warga Gereja Yang Unggul Dan Berkarakter Berdasarkan Perspektif Kristiani.†SANCTUM DOMINE: JURNAL TEOLOGI 10, no. 1 (December 29, 2020): 49–66. https://journal.sttni.ac.id/index.php/SDJT/article/view/84.
Sugiyono. Metode Penelitian Manajemen. Yogjakarta: Alfabeta, 2014.
Sundari, Faulina. Peran Guru Sebagai Pembelajar Dalam Memotivasi Peserta Didik Usia SD. Jakarta, 2017. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/repository/article/view/1665.
Suprihatiningrum, Jamil. Strategi Pembelajaran. Yogjakarta: Ar-RuzzMedia, 2013.
Yahya, Murip. Profesi Tenaga Kependidikan. Bandung: Pustaka Setia, 2013.
Yestiani, Dea Kiki, and Nabila Zahwa. “Peran Guru Dalam Pembelajaran Pada Siswa Sekolah Dasar.†FONDATIA 4, no. 1 (March 30, 2020): 41–47. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/fondatia/article/view/515.
Yusri, Yusnimar. “STRATEGI PEMBELAJARAN ANDRAGOGI.†Al-Fikra : Jurnal Ilmiah Keislaman 12, no. 1 (August 1, 2017): 25. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/al-fikra/article/view/3861.