Dinamika Pendidikan Agama Kristen pada Masa Pandemi Covid-19: Analisis Kompetensi Pedagogik Yesus dalam Injil Matius
DOI:
https://doi.org/10.38189/jan.v1i2.72Keywords:
Covid-19, Christian education, pendidikan agama Kristen, Jesus’ pedagogy, pedagodi YesusAbstract
The period of the Covid-19 pandemic is a period of transition for the world, including in the field of education, which is the right of everyone. During the transition period, the government has decided to carry out the online teaching and learning process by using conference calls or social media. This model is now used by almost all educational institutions in Indonesia. In this case, of course, there are striking differences in the teaching and learning process, including with Christian Education. Therefore, the distance learning process of Christian Education can emulate the pedagogical competence of Jesus in Matthew's Gospel to be applied during this pandemic, so that the three educational domains (cognitive, affective and psychomotor) can be achieved properly. The method in writing this paper is descriptive qualitative, observing the book of Matthew and observing the dynamics of education during the pandemic via the internet and direct actions experienced by schools in Indonesia. The conclusion of this paper is that the teacher must imitate Jesus' pedagogy, such as: the teacher must know the character of the student, the teacher must be communicative with structured and creative material, the teacher can use the discovery learning method, the teacher must provide teaching based on the child's needs, and the teacher must continue to teach basic things in a child's life.
Masa pandemi Covid-19 adalah masa transisi bagi dunia, termasuk di bidang pendidikan yang adalah hak setiap orang. Di masa transisi, pemerintah telah menetapkan untuk melakukan proses kegiatan belajar mengajar (KBM) secara daring dengan menggunakan conference call atau media sosial. Model ini kini digunakan hampir seluruh lembaga pendidikan di Indonesia. Dalam hal ini tentu ada perbedaan yang mencolok dalam proses KBM, tidak terkecuali dengan Pendidikan Agama Kristen (PAK). Maka dari itu, dalam proses pembelajaran PAK jarak jauh dapat meneladani kompetensi pedagogik Yesus dalam Injil Matius untuk diterapkan di masa pandemi ini, sehingga tiga ranah pendidikan (kognitif, afektif dan psikomotorik) tetap tercapai dengan baik. Metode dalam penulisan karya tulis ini adalah deskriptif kualitatif, mengamati kitab Matius dan pengamatan dinamika pendidikan di masa pandemi lewat internet dan tindakan langsung yang dialami oleh sekolah-sekolah di Indonesia. Kesimpulan dari karya tulis ini adalah guru harus meneladani pedagogik Yesus, seperti: guru harus mengenal karakter murid, guru harus komunikatif dengan materi yang terstruktur dan kreatif, guru dapat menggunakan metode discovery learning, guru harus memberikan pengajaran berdasarkan kebutuhan anak, dan guru harus tetap mengajarkan hal-hal yang mendasar dalam kehidupan anak.
References
Anggara, Adi Putra. “Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Untuk Meningkatkan Kognitif dan Kemampuan Sosial Anak Usia Dini.†Jurnal Teologi Berita Hidup 2, no. 1 (2019): 11–19.
Arifianto, Yonatan Alex. “Pentingnya Pendidikan Kristen dalam Membangun Kerohanian Keluarga di Masa Pandemi Covid-19.†Regula Fidei Jurnal Pendidikan Agama Kristen 5, no. 2 (2020): 94–106.
Darmadi. Pengembangan Model Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Budi Utama, 2017.
Khasanah, Dian Ratu Ayu Uswatun, Hascaryo Pramudibyanto, dan Barokah Widuroyekti. “Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19.†Jurnal Sinestesia 10, no. 1 (2020): 41–48.
Kunandar. Guru Profesional. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007.
Manno, Daud. Kompetensi “Integratif†Tuhan Yesus Sebagai Guru. Jember: Sekolah Tinggi Alkitab Jember, 2019.
Marjori, J.K., K.S. Anne, dan W. Alice Phipps. Kurikulum PAUD Berbasis Perkembangan Anak. Depok: Kencana, 2017.
Morley, Patrick. A Guide to Spiritual Disciplines. Malang: Gandum Mas, 2009.
Pasaribu, Marulak. Eksposisi Injil Sinoptik. Revisi. Malang: Gandum Mas, 2019.
PG Dikdas. “MENGENAL MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING.†Last modified 2020. https://lpmplampung.kemdikbud.go.id/detailpost/mengenal-model-pembelajaran-discovery-learning.
Sajidan. Jurnal Pendidikan “Dwija Utama.†Surakarta: Forum Komunikasi Guru Pengawas Surakarta, 2008.
Widianing, Oda Judithia. “Pendidikan Kristen di sekolah: Sebuah tugas Ilahi dalam memuridkan jiwa.†Jurnal Teologi Berita Hidup 1, no. 1 (2018): 78–89.
Widjaja, Fransiskus Irwan, Candra Gunawan Marisi, T. Mangiring Tua Togatorop, dan Handreas Hartono. “Menstimulasi Praktik Gereja Rumah di tengah Pandemi Covid-19.†Kurios (Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen) 6, no. 1 (2020): 127–139.
Windhiyana, Ericha. “DAMPAK COVID-19 TERHADAP KEGIATAN PEMBELAJARAN ONLINE DI PERGURUAN TINGGI KRISTEN DI INDONESIA.†Perspektif Ilmu Pendidikan 34, no. 1 (2020): 1–8.
Undang-undang No. 15 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Indonesia, 2015.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Angelion is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://e-journal.iaidalwa.ac.id/index.php/jan
E-mail: [email protected]