Model Pelayanan Visitasi dalam Kisah Para Rasul 9:32-42 untuk Meningkatkan Kesetiaan Beribadah Jemaat

Authors

DOI:

https://doi.org/10.38189/jan.v4i1.463

Keywords:

Pelayanan, Kesetiaan, Beribadah, Jemaat

Abstract

Jemaat atau gereja adalah sekumpulan orang percaya yang sudah menerima Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat secara pribadi dan dibaptiskan sebagai kesaksian imannya. Kristus adalah Kepala gereja dan gereja adalah tubuh-Nya. Sehingga jemaat harus dibimbing untuk hidup dalam kebenaran Firman Tuhan. Maka diperlukan seseorang yang dapat mendampingi jemaat tersebut yaitu seorang pemimpin atau gembala sidang yang lebih sering disebut sebagai hamba Tuhan. Upaya dalam mewujudkannya, tidak dapat dilakukan hanya fokus pada pelayanan khotbah dalam ibadah saja, melainkan perlu hubungan kedekatan yang dapat dilakukan dengan melakukan pelayanan visitasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis metode penelitian kepustakaan dengan pendekatan kualitatif kepustakaan (library research), dengan menggunakan metode deskriptif. Sumber data menggunakan buku dan artikel jurnal terkait. Sumber utama untuk studi penelitian ini adalah Alkitab dan literatur. Peneliti melakukan analisis literatur dengan cara menambah informasi, mencari kaitan dengan berbagai sumber, membandingkan, dan mencari hasil berdasarkan data yang sebenarnya. Dalam kajian ini mengkaji model pelayanan visitasi dalam kisah para rasul 9:32-42 untuk meningkatkan kesetiaan beribadah jemaat.

Author Biography

Satria Omega Kadun, STT Sangkakala Jakarta (GKSI)

Dosen S1 Jurusan PAK STT Sangkakala Jakarta (GKSI)

References

Bons Storm. M. Apakah Penggembalaan itu. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1997.

Ellen G. White, Testimonies, Vol 5. California: Pasific Press, 1948.

G. Riemer, Jemaat Yang Pastoral: Kunjungan Rumah—Pacu Jantung Pertumbuhan Gereja. Jakarta: Yayasan Komunikasi Bina Kasih/OMF, 2005.

Gereja Yesus Sejati, Panduan Pemahaman Alkitab Kisah Para Rasul. Jakarta: Literatur Gereja Yesus Sejati, 2015.

H.v.d. Brink, Tafsiran Alkitab : Kisah Para Rasul. Jakarta: Gunung Mulia, Cet 8, 2008.

H. J. Clinebell, Tipe Tipe Dasar Pendampingan dan Konseling Pastoral. Jakarta : Kanisius, 2006.

I. R. Aritonang R., “Nilai, Identitas Sosial Dan Kesetiaan Konsumen,†PRONESIS (Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan) 53, no. 9 (2019): 1689–1699.

Khulida Kirana Yahya et al., “Faktor Yang Mempengaruhi Kesetiaan Terhadap Organisasi Di Kalangan Penjawat Awam,†Jurnal Pembangunan Sosial 9 (2009): 61–84.

Mgr. Dr. Hubert Leteng, Spritualitas Iman Praja, Kanisius. Yogyakarta: t.p., 2010.

Milllard J. Erickson, Christian Theology. Grand Rapids, MI: Baker Book House, 1990.

Marcella Selianti Bungalele, “Makalah Teologi Pl 2 Yanna†(2019): 1–15.

Nandania Resti, “Peran Kepercayaan Organisasi Dengan Loyalitas Karyawan Di BCA Malang Raya.†(2013): 11–50.

N. Mimery, Rahasia Tentang Penggembalaan Jemaat. Mimery Press, 1996.

Rick Warren, The Purpose Driven Life. Malang: Gandum Mas, 2005.

Vergil Greber, Pedoman Pertumbuhan Gereja. Bandung: kalam hidup, t.th.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Kadun, S. O. (2023). Model Pelayanan Visitasi dalam Kisah Para Rasul 9:32-42 untuk Meningkatkan Kesetiaan Beribadah Jemaat. Angelion: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 4(1), 74–85. https://doi.org/10.38189/jan.v4i1.463

Issue

Section

Articles