Keteladanan Guru Pendidikan Agama Kristen yang Memiliki Karakter Kristus terhadap Peserta Didik di Sekolah

Authors

  • Indah Istapawati Sekolah Tinggi Teologi Injili Efrata Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.38189/jan.v3i1.305

Keywords:

guru agama kristen, karakter Kristus, teladan guru

Abstract

Guru Pendidikan Agama Kristen bertugas tidak melulu hanya melakukan transfer pengetahuan, namun juga harus dapat menjadi sarana berkat, membimbing siswa untuk melakukan apa yang dipelajari berhubungan dengan iman Kristen. Banyak sekali peristiwa dimana seorang pendidik yang mengajar namun tidak ditanggapi, mengajar  namun dilupakan, dan dirasakan kehadirannya namun tidak  diikuti. Setiap  guru Pendidikan Agama Kristen pasti mengharapkan agar siswa yang mereka ajar dapat meneladani  hidupnya, mengalami transformasi hidup,  menemukan inspirasi dalam  hidup, dan  tentu menjadi  pribadi yang lebih positif dari sebelumnya. Tujuan dari penelitan ini adalah untuk menemukan karakteristik dari guru Pendidikan Agama Kristen yang memiliki karakter Kristus yang diimplementasikan dalam memberikan teladan kepada peserta didik. Metode yang digunakan adalah kajian terhadap sumber-sumber pustaka dan melakukan sebuah pemaparan dalam sebuah kerangka topik terkait. Hasil penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Kristen yang berkarakter Kristus adalah guru yang sudah lahir baru, yang sungguh-sunguh mengasihi dan memahami peserta didkinya dengan baik, menerima keberadaan peserta didik, serta rela menderita dan berkorban.

References

Clark, Deeis E. Kehidupan dan Ajaran Yesus Sang Mesias. Surabaya: Yakin, 1977.

Hwang, Thomas. Kristologi. Korea, AMI Publication, 2012.

Heath, Stanley. Teologi Pendidikan: Dasar Pelayanan kepada Anak. Bandung: Kalam Hidup, 2009.

Danim, Sudarwan. Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Kencana 2011.

Denney, A. S., & Tewksbury, R. “How to Write a Literature Review.†Journal of Criminal Justice Education 24, no. 2 (2013): 218-234.

Mu’in, Fatchul. Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2011.

Moore, T.M. Disciplines of Grace. Malang: Literatur SAAT, 2004.

Sidjabat, B.S. Mengajar Secara Profesional. Bandung: Kalam Hidup, 2009.

Setiawan, Mery dan Stephen Tong. Seni Karakter Kristen. Surabaya: Momentum, 2011.

Utomo, Bimo Setyo. “(R)Evolusi Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Mentransformasi Kehidupan Siswa.†DUNAMIS: Jurnal Penelitian Teologi dan Pendidikan Kristiani 1, no. 2 (2017): 102–116. https://doi.org/10.30648/dun.v1i2.111.

Utomo, Bimo Setyo, and Eddy Tjondro. "Ulangan 31: 9-13 Sebagai Landasan Strategi Guru Sekolah Minggu Dalam Mengajarkan" Takut akan Tuhan"." SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 2, no. 1 (2021): 34-48. https://doi.org/10.52220/sikip.v2i1.64.

Zed, Mestika. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2008.

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Istapawati, I. (2022). Keteladanan Guru Pendidikan Agama Kristen yang Memiliki Karakter Kristus terhadap Peserta Didik di Sekolah. Angelion: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 3(1), 14–32. https://doi.org/10.38189/jan.v3i1.305

Issue

Section

Articles