Kompetensi Profesional Guru dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen
DOI:
https://doi.org/10.38189/jan.v3i1.250Keywords:
Kompetensi profesional guru, proses pembelajaran, Pendidikan Agama KristenAbstract
Kompetensi profesional guru merupakan kemampuan seorang guru dalam proses belajar mengajar. Kompetensi profesional guru juga membutuhkan keahlian yang benar-benar yang dimiliki oleh seorang guru profesional. Proses pembelajaran Agama Kristen kompetensi professional seorang guru juga sangat dibutuhkan apalagi pada zaman yang semakin berkembang saat ini. Seorang pendidik Agama Kristen juga haruslah memiliki kepribadian yang baik sehigga dapat menjadi teladan bagi para peserta didiknya sebagimana meneladani Yesus Kristus. Bukan hanya memiliki kepribadian baik saja tetapi spiritualitasnya juga haruslah benar-benar dimiliki oleh seorang pengajar Agama Kristen. Sebagai pendidik Agama Kristen yang diajarkan haruslah berpusat pada Alkitab yang menjadi dasar materi dalam pembelajaran sehingga apa yang akan disampaikan sesuai dengan ajaran Kristen yang berpusat pada Alkitab. Penulis menggunakan metode penelitian kulitatif dan metode deskriptif dengan melakukan studi Pustaka terhadap penelitian ini. Jadi, kompetensi professional guru dalam proses pembelajaran PAK adalah usaha seorang guru yang harus memiliki kemampuan, keterampilan, dan keahlian dalam pembelajaran PAK yang harus berpusat pada Alkitab.References
Abdul Razif, Zaini, Zakaria Noor Shamshinar, Ismail Mohd Rofian, Ghazali Mohd Redzauddin, and Hamdan Hasmadi. “Kompetensi Guru Bahasa Arab Sekolah Rendah Di Malaysia: Competency of Arabic Teachers in Primary School in Malaysia.†Jurnal Sultan Alauddin Sulaiman Shah 7, no. 1 (2020).
Aeni, Ani Nur. “Pendidikan Nilai Di Sekolah Dasar.†Jurnal Pendidikan Dasar, 2010.
Aisyah, Siti. “Kepribadian Seorang Pendidik Terhadap Minat Belajar Matematika.†Journal on Teacher Education 1, no. 2 (2020): 20–25.
Allen, Leslie C. Word Biblical Commentary. Electronic. Dallas: Texas: Word Books, Publisher, 1998.
Arifai, Ahmad. “Kompetensi Kepribadian Guru Dalam Perspektif Pendidikan Islam.†Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah 3, no. 1 (2018): 27–38.
As’ Adut Tabi’in. “Kompetensi Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pada MTsn Pekan Heran Indragri Hulu†1 (2016): 157.
Dwi Putra, Rendiana. “Implementasi Budaya Religius Dalam Upaya Membentuk Perilaku Disiplin Siswa Di Smk Sunan Ampel Menganti Gresik.†Inspirasi Manajemen Pendidikan 5, no. 1 (2018).
Giantara, Febri. “Model Pengembangan Kompetensi Guru Abad 21.†Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan 16, no. 1 (2019).
Jufni, Muhammad, Syifa Saputra, and Azwir. “Kode Etik Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.†Serambi Akademica Jurnal Pendidikan, Sains, Dan Humaniora 8, no. 4 (2020).
Kia, A Dan. “Kajian Pedagogis Tentang Tanggung Jawab Guru Pak Secara Profesional Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik.†Jurnal Shanan 3, no. 2 (2019): 77–94.
Lase, Delipiter, and Etty Destinawati Hulu. “Dimensi Spritualitas Dalam Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Kristen.†SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora dan Kebudayaan (2020).
Mustofa, Taufik. “Kompetensi Sosial Guru Profesional.†Jurnal Pendidikan Agama dan Keagaman Islam 1, no. 1 (2020): 22–27.
Nome, Nehemia. “Strategi Guru Dalam Menumbuhkan Kepercayaan Diri Peserta Didik.†Phronesis: Jurnal Teologi dan Misi 2, no. 2 (2020): 158–176.
Ramli, M. “Hakikat Pendidikan Dan Peserta Didik.†Tarbiyah Islamiyah 5, no. 1 (2015).
Suardi, Adila. “Rofesi Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik Di Era Globalisasi.†Profesi Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan berfikir kritis peserta didik di era globalisasi 5, no. 1 (2018).
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Edited by April Nuryanto. 3rd ed. Bandung: ALFABETA, 2019.
Sutoyo, Daniel. “Yesus Sebagai Guru Agung.†Jurnal Antusias 3, no. 5 (2014): 64–85.
Syarifuddin, H. “HAKIKAT PENDIDIK.†ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam 5, no. 1 (2021).
Tindagi, Magdalena Grace K. “Yesus: Sosok Guru Agung (Kompetensi Dan Profesionalitas Dasar Guru Pak).†Missio Ecclesiae 5, no. 1 (2016): 1–21.
Wagiyem, Wagiyem. “Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Proses Pembelajaran Melalui Supervisi Kelas.†Journal of Education Action Research 4, no. 4 (2020).
Widiastuti, Maria. “Pemahaman Kristologi Bagi Guru PAK (Pendidikan Agama Kristen) Untuk Membimbing Murid Mengaplikasikan Kebenaran Alkitab Dalam Hidupnya.†Jurnal Pionir LPPM Universitas Asahan 7, no. 3 (2020).
Zaluchu, Sonny Eli. “Strategi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif Di Dalam Penelitian Agama [Qualitative and Quantitative Research Strategies in Religious Research].†Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat (2020).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Angelion is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://e-journal.iaidalwa.ac.id/index.php/jan
E-mail: [email protected]